Maskot Piala Eropa

Cerita Unik dari Maskot Piala Eropa dari Masa ke Masa

Maskot Piala Eropa dari Masa ke Masa | Piala Eropa atau Euro Cup adalah sebuah kompetisi yang mempertemukan negara-negara di benua Eropa. Kompetisi ini dimulai dari tahun 1960 dengan Prancis sebagai tuan rumah. Tapi baru pada tahun 1980, Italy membuat suatu gebrakan untuk merepresentasikan Piala Eropa dengan ide membuat sebuah ikon berbentuk maskot sebagai ciri khas gelaran 4 tahunan itu. Maka pada tahun-tahun berikutnya. Penggunaan maskot menjadi hal yang serasa wajib bagi tuan rumah. berikut maskot-maskot piala eropa dari tahun 1980 hingga sekarang.

Maskot Piala Eropa dari Masa ke Masa

Berikut ini adalah maskot piala eropa dari masa ke masa yang sudah kami situs bola online terpercaya rangkum berdasarkan informasti valid:

Euro 1980 Italy : Pinocchiio

Maskot Piala Eropa

Maskot pertama piala Eropa.Sesuai namanya, maskot ini memiliki hidung yang panjang bergambar bendera tricolor Italia dan berbadan kayu. Pemilihan karakter itu Mungkin memang benar-benar terinspirasi dari kisah dongeng pinocchio..Memakai topi kertas putih berbentuk mirip kapal-kapalan bertuliskan Europa 80.

Euro 1984 France : Peno

Maskot Piala Eropa

Peno berbentuk ayam jantan,.Seekor ayam jantan yang mewakili simbol dari Perancis sebagai negara tuan rumah sekaligus julukan mereka. Peno memakai jersey tim nasional Perancis, kemeja biru, celana pendek putih dan kaus kaki berwarna merah. Ia juga mengenakan sarung tangan putih dan sepatu hitam. Nomor 84 di dada kiri menandakan tahun pagelaran diadakan

Euro 1988 Germany : Berni

Maskot Piala Eropa

Berni. Berbentuk kelinci yang sedang menendang bola. Memakai pakaian bertranmark bendera Jerman. T-shirt hitam dan celana merah. Juga ikat kepala putih dan gelang putih di kedua tangannya.Di kaosnya tertulis Euro 88.

Euro 1992 Sweden : Rabbit

Maskot Piala Eropa

Masih menggunakan karakter kelinci. Dengan kaos kuning khas swedia yang dipermanis garis biru pada kerah dan ujung kedua tangan serta celana pendek biru dan kaus kaki kuning dengan strip biru adalah atribut Rabbit.

Euro 1996 England : Goliath

Maskot Piala Eropa

Goliath adalah seekor singa. Terinspirasi dari lambang 3 singa atau The Three Lion di jersey Inggris sebagai tuan rumah. Symbol kebanggaan timnas inggris sekaligus julukan khas mereka. Goliath mengenakan kaos putih dan celana biru angkatan laut dan memegang bola ditangan kanannya.

Euro 2000 Belgium and Netherland : Berielucky

Maskot Piala Eropa

Karakter ini merupakan setan singa. Memiliki tanduk dengan rambut singa berwarna gabungan antara bendera Belgia dan Belanda, membawa bola bertuliskan EURO 2000. nama benelucky dipilih dengan alasan agar semua Negara yang berpartisipasi mendapatkan keberuntungan yang terbaik di Euro 2000.

Euro 2004 Portugal : Kinas

Maskot Piala Eropa

maskot di euro 2004 sedikit khas karena yang muncul bukan binatang seperti sebelumnya tapi seorang anak yang bernama Kinas. mengenakan kaus tim nasional Portugal dengan kaos merah khas portugal dan celana pendek hijau. Kinas diambil dari kata Quinas, salah satu simbol dari bendera nasional Portugal.

Euro 2008 Austria and Switzerland : Trix and Flix

Maskot Piala Eropa

maskot kembar pertama di euro, trix berbaju putih bertuliskan angka 20 di dada dengan celana pendek merah. flix berkaus merah bertuliskan angka 08 dengan celana putih, pemilihan warna tersebut diinspirasi dari warna nasional dua host. Nama-nama itu dipilih setelah pemungutan suara dari masyarakat dari dua negara tuan rumah.Para maskot diciptakan oleh Warner Bros Consumer Products.

Euro 2012 Poland and Ukraine : Slavek and Slavko

Maskot Piala Eropa

Euro 2012 ini terdiri dari dua maskot yang bercirikan bendera tuan rumah. Slavek dengan jersey putih dengan garis merah di kerah dan kedua tangan dengan nomor 20 di dada dan memakai celana putih mewakili Polandia sedangkan Slavko memakai kaos kuning dengan aksen biru di kerah dan kedua tangan dengan nomor 12 di dada dan celana kuning mewakili Ukraina.

Euro 2012 Prancis : Super Victor

Maskot Piala Eropa

Prancis pun secara khusus membuat maskot ketika ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Eropa 2016. Berbeda dengan maskot-maskot sebelumnya yang identik dengan karakter hewan, kali ini Prancis mendesain maskot dengan karakter anak kecil yang diberi nama Super Victor.

Zebran, agensi desain di Lyon, mulai mendesain Super Victor sejak 2013. Untuk pembuatan kostum, UEFA menggandeng perusahaan asal Inggris, Rainbow Productions, yang juga merancang kostum maskot Kinas (Piala Eropa 2004), Trix dan Flix (2008), dan Slavek dan Slavko (2012).

Euro 2020 12 kota yang tersebar di 12 negara: Skillzy.

Maskot Piala Eropa

Maskot untuk Piala Eropa 2020 telah diperkenalkan sejak dua tahun lalu, tepatnya pada 25 Maret 2019. Maskot tersebut diberi nama Skillzy.Seperti apa karakter Skillzy? Di situs resmi UEFA dijelaskan Skillzy adalah karakter yang lebih besar dari kehidupan yang terinspirasi oleh gaya freestyle, jalanan, dan budaya panna.

Peluncuran maskot bernama Skillzy tersebut dilakukan di Amsterdam, Belanda, sebelum laga kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C antara Belanda kontra Jerman.

Peluncuran Skillzy diiringi dengan atraksi sejumlah freestyler, dengan disaksikan lebih dari 55 ribu penonton yang memadati Johan Cruijff Arena.

Kemunculan Skillzy didampingi dua freestyler kelas dunia, Liv Cooke dan Tobias Becs. Freestyle dan gaya sepak bola jalanan menjadi salah satu inspirasi dari penciptaan Skillzy.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>